Non Formal Education

Jumlah Pengunjug

Powered By Blogger
Teks dengan border dash
silahkan masukan teks atau kode javascribt disini
masukan teks atau kode javascribt disini
masukan teks atau kode javascribt disini

Blogroll

Jumat, 18 Mei 2012

Profil Desa Munding Kidul, Kundisari, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah

Wilayah Kecamatan Kedu yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Jumo, Ngadirejo dan Parakan, Wilayah Utara dengan Kecamatan Jumo, Gemawang dan Kandangan, Sebelah Timur dengan Kecamatan Kandangan dan Sebelah Selatan dengan Kecamatan Temanggung dan Bulu. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 800 m dpl dengan suhu antara 29 oC dan 18 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Kedu luas wilayah 3.496 ha, dengan jumlah penduduk 52.542 orang dan mempunyai 14 desa.

Salah satu dari 14 desa di Kecamatan Kedu adalah Desa Kundisari yang terletak di ketinggian 700 m dari permukaan laut dan berjarak 6 km dari ibu kota Kecamatan Kedu dan 12 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 140,01 ha yang terbagi dalam lahan sawah 132,59 ha dan lahan bukan sawah 107,42 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunan/pekarangan, Ladang/tegal/huma, Hutan Rakyat, Perkebunan Negara/Rakyat  dan lahan lainnya.

Desa Kundisari terdapat 7 dusun yang terdiri dari 7 Rukun warga (RW) dan 28 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 1.215 Rumah tangga. Jumlah penduduk 4.653 jiwa terdiri dari 2.405 jiwa Laki-laki dan 2.248 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Petani Perkebunan, Petani Tanaman Kehutanan, Industri pengolahan, Bangunan, Pedagangan, Hotel & Rumah Makan, Pengangkutan & Komunikasi, Jasa-jasa dan lainnya.

Untuk sumber air minum berasal dari Sumur dan Mata air. Dan untuk penerangan 1.081 menggunakan PLN.

Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 63 orang, Tamat Akademi 5 orang, Tamat SLTA/sederajat 63 orang, Tamat SLTP/ sederajat 357 orang, Tamat SD/sederajat 2.783 orang, Tidak tamat SD 184 orang, Belum tamat SD 649 orang dan Belum/ tidak sekolah 155 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 3 unit TK, 3 unit SD, - unit SMP/Mts dan - unit SMU.

Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan - unit Puskesmas, - Puskesmas pembantu, 8 unit Posyandu,  1 unit Polides, 2 Bidan/Perawat/Mantri dan 5 orang Dukun Bayi.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi, Jagung, Ketela Pohon, Ketela Rambat, Kacang Tanah dan Kedelai. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Rambutan, Pepaya, Pisang, Klengkeng, Mangga, Durian dan Jeruk. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau, Kopi, Cengkeh, Kalulogo, Kelapa dan Jahe. Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kerbau, Kuda,  Kambing/domba, Ayam buras, Ayam Ras dan Itik.
Sumber : Kecamatan Kedu dalam angka 2011

0 komentar:

Posting Komentar